RUSMIATI
 
Artikel Terbaru
Kategori
Alexa Rank

format penulisan jurnal sinta

Tidak semua penulis SITA diverifikasi. Berikut beberapa tips dan trik agar jurnal cepat terindeks di SITA. Artikel ini akan mengungkap 6 rahasia jurnal cepat terindeks.
Jika beberapa waktu lalu kita membahas cara menjadi penulis di SINTA, kali ini kita akan membahas cara agar jurnal terindeks di SINTA 2. Seperti diketahui, tidak semua naskah yang diunggah ke SITA akan lolos dan diverifikasi.
Sebagus apapun jurnal Anda, jurnal Anda tidak akan dikenali jika tidak dimasukkan sesuai sistem. Berikut beberapa hal penting agar jurnal terindeks di SITA, berikut uraiannya.
Daftar di Portal Arjuna – Jurnal terindeks SIINTA
Untuk dapat terindeks, setidaknya Anda harus terlebih dahulu terdaftar di portal ARJUNA. ARJUNA adalah singkatan dari Akreditasi Jurnal Nasional. Ini adalah persyaratan yang harus Anda terapkan agar makalah/jurnal Anda terindeks. Jika Anda belum terdaftar, Anda dapat mendaftar langsung ke portal ARJUNA di http://arjuna.ristekdikti.go.id/.
Jika Anda sudah terdaftar, tetapi belum bergabung dengan SITA, Anda hanya perlu bersabar. Karena akan berlanjut ke penilaian untuk periode pengakuan/penilaian berikutnya. Jadi, sembari menunggu, mohon untuk tidak mengirimkan Help Desk Sinta, karena akan mengganggu penilaian tim.
Pengertian Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 2014 tentang Administrasi Umum Perguruan Tinggi
Poin penting yang perlu diperhatikan adalah isi jurnal yang lolos, yang dapat digunakan untuk meningkatkan poin, akreditasi dan evaluasi diri. Sesuai Perpres No. 1 Administrasi Umum Perguruan Tinggi tahun 2014, semua jurnal ilmiah yang memenuhi syarat pengajuan dan memiliki nilai self-scoring lebih dari 70 poin dapat mengajukan permohonan pengakuan.
Perhatikan konten penilaian - jurnal terindeks SITA
Agar jurnal lebih cepat terindeks oleh SITA, perlu diperhatikan beberapa elemen yang akan dinilai. Tim penilai terdiri dari empat asesor terakreditasi dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Kekayaan Intelektual.
Apa saja artikel yang dikirimkan ke ARJUNA? Setidaknya ada dua aspek evaluasi, aspek pertama, evaluasi isi, memiliki dua aspek evaluasi. Kedua, penilaian manajemen, yaitu penilaian juga memiliki dua aspek penilaian.
Ketahui kapan harus mendaftar – jurnal terindeks SITA
Catat waktu pendaftaran karena hanya dua pengukuran dan pendaftaran yang dilakukan setiap tahun. Proses review dan review jurnal ini dilakukan sesuai dengan keputusan direktur departemen manajemen kekayaan intelektual. Oleh karena itu, jika Anda mendaftar atau masuk terlambat, maka akan ditinjau pada periode berikutnya.
Fokus pada Sistem Pemeringkatan – Jurnal Terindeks SITA
Lantas, bagaimana jika ada naskah yang tidak diterima dan tidak lolos juri? Secara khusus, mereka yang mengisi penilaian diri dan mencetak kurang dari 30-70 poin akan diperiksa ulang oleh tim juri jurnal. Tim evaluasi jurnal hadir untuk memastikan keaslian hasil evaluasi diri. Ada beberapa kategori evaluasi jurnal, seperti yang tercantum di bawah ini.
Jika jurnal Anda tergolong Sinta 3 hingga Sinta 6, maka jurnal Anda akan langsung masuk ke level Sinta 1 dan Sinta 2, dan Sinta 1 hingga Sinta 6 akan dievaluasi dan diberi peringkat. Peringkat ini berdasarkan kutipan dari Google Scholor.
Cara Memperbarui Jurnal Terdaftar – Jurnal Terindeks SITA
Pertanyaan yang sering diajukan setelah manuskrip terdaftar di SITA, bagaimana cara memperbarui jurnal? Bahkan, caranya mudah karena Anda bisa memperbarui log hanya dengan mengirim email ke hdsinta@ristekdikti.go.id.
 
Ini enam hal yang perlu diperhatikan agar jurnal SITA bisa terindeks. Semoga ulasan ini bermanfaat dan memberikan motivasi lebih untuk terus produktif dalam penjurnalan. (Alysa)
mengacu pada:
http://sinta2.ristekdikti.go.id/home/faq#ans2
 



Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Senin, 28 Maret 22 - 23:41 WIB
Dalam Kategori : PENULISAN JURNAL SINTA, APA SAJA FORMAT PENULISAN JURNAL SINTA, PENGERTIAN PENULISAN JURNAL SINTA
Dibaca sebanyak : 1793 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback