RUSMIATI
 
Artikel Terbaru
Kategori
Alexa Rank

Unsur-Unsur Intrinsik Cerpen

Unsur Dalam Cerpen | Unsur Batin Cerpen | Cerpen atau cerpen, cerpen adalah cerita yang tidak panjang atau pendek, membuat cerpen itu mudah karena membuat cerpen bisa mengambil berbagai sumber, seperti kehidupan kita, kita tahu Anda tahu kehidupan orang lain dengan baik, Anda tahu itu perjalanan yang menarik, dan Anda tahu persis di mana perjalanan itu dimulai dan di mana itu berakhir, atau hidup Anda atau orang lain.
Dilansir dari sumber Riviera Publishing, Cerpen adalah cerita pendek yang disukai orang untuk dibaca. Itu karena cerita termasuk karya fiksi, dan semuanya pendek, mulai dari apa yang ada di dalam cerita pendek, aktor, dan kata-katanya.
Cerpen ini juga memberikan banyak kendala pada hal-hal terkecil serta beberapa aspek permasalahan. Sedemikian rupa sehingga unsur-unsur penyusunnya dipersingkat, membuat makna cerpen ini begitu padat. Seringkali, cerita pendek menggambarkan kehidupan secara langsung atau tidak langsung, dan terkadang pembaca terbawa suasana dan mengejutkan pembaca.
Juga, penting untuk dicatat bahwa jumlah atau skala cerita pendek sangat berbeda dari novel. Beberapa orang mengatakan bahwa cerita pendek sekitar 500-5000 kata dapat dibaca dalam waktu sekitar sepuluh menit atau setengah jam. Oleh karena itu, tidak salah jika dikatakan bahwa cerpen adalah cerita yang dapat dibaca dalam sekali duduk. Ini karena temanya sederhana, karakternya terbatas, dan ruang lingkupnya sama.
Singkatnya, dapat disimpulkan bahwa konsep cerita pendek adalah bentuk prosa naratif fiksi dengan jumlah kata terbatas yang dapat dibaca di samping satu plot dan tema.
Selain itu, menilai apakah sebuah cerpen dapat dilihat dari alur sederhana cerpen tersebut. Ada beberapa karakter, latar belakang terbatas, hanya tiga sampai sepuluh halaman, dan hanya satu alur cerita, di mana karakter diceritakan secara singkat bersama dengan banyak fitur lain yang termasuk dalam cerita pendek.

Elemen Dalam Cerpen

Selain itu, cerpen memiliki unsur intrinsik dan ekstrinsik. Adapun unsur-unsur dalam cerpen terdiri dari 6 bagian, yaitu:
1.
1. Pokok pikiran yang mendasari perkembangan cerpen.
2. Alur atau alur adalah rangkaian cerita berdasarkan sebab akibat.
3. Representasi adalah gambaran tentang watak, watak, atau sikap seorang tokoh.
4. Setting atau latar adalah tempat, waktu, dan suasana di balik cerita.
5. Opini atau opini adalah posisi pengarang ketika membawakan cerita.
6. Amanat adalah pesan yang ingin disampaikan penulis. Komisi dapat berupa harapan, saran, kritik, dsb.
2. Sekian artikel tentang unsur dalam cerpen, semoga membantu



Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Minggu, 03 April 22 - 11:15 WIB
Dalam Kategori : UNSUR DALAM CERPEN, UNSUR BATIN CERPEN, CERPEN ADALAH
Dibaca sebanyak : 173 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback